Ustaz Yusuf Mansur Borong Saham BRI Syariah - Balige Keren
Ustaz Yusuf Mansur Borong Saham BRI Syariah

Ustaz Yusuf Mansur Borong Saham BRI Syariah

Share This
BALIGE KEREN -- Jam'an Nurchotib Mansur atau Ustaz Yusuf Mansur benar-benar merealisasikan niatnya untuk membeli saham PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS) saat perusahaan melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Direktur Utama Bahana Sekuritas Feb Sumandar mengatakan Yusuf Mansur melakukan transaksi beli secara pribadi melalui Koperasi Indonesia Berjamaah (Kopindo) dan PT Paytren Aset Manajemen (PAM).

Secara persentase, Feb menyebut jumlah saham yang dibeli oleh Yusuf Mansur di bawah 20 persen dari total saham yang dilepas ke publik sebesar 2.623.350.600 saham.

"Sebenarnya kemampuan beliau lebih dari itu, tapi kan kami ada porsi alokasi agar investor lokal lain bisa mendapatkan," ucap Feb, Rabu (9/5).

Dengan kata lain, jumlah penawaran yang diajukan oleh pihak Yusuf Mansur sebenarnya lebih tinggi dari jumlah saham yang ia beli. Melihat kemampuan Yusuf Mansyur, Feb menilai kemungkinan besar Yusuf Mansyur akan menambah kepemilikan saham di BRISyariah.

"Pada lain kesempatan mungkin akan masuk lagi," imbuh Feb.

Selama masa IPO, Yusuf Mansur tidak melakukan tawar harga. Menurut Feb, ia memilih untuk straight atau mengikuti pergerakan harga yang ditentukan oleh di pasar.

"Kan kalau masa bookbuilding ada rentang bawah dan atas, nah kalau straight mengikuti saja. Saat bookbuilding memamg ada pilihan straight," ucap Feb.

Secara terpisah, Direktur Operasional BRISyariah Wildan mengungkapkan Yusuf Mansur masuk sebagai investor ritel, khususnya Kopindo melalui Kontrak Pengelolaan Dana (KPD).

Namun, ia belum dapat menjabarkan detil jumlah pembelian saham oleh Yusuf Mansur. Yang pasti, porsi penjualan saham ke ritel hanya satu persen dari toral raihan dana IPO sebesar Rp1,33 triliun.

"Alokasinya belum besar karena masuk ke ritel, jadi masih kecil," kata Wildan.

Secara keseluruhan, total investor yang melakukan penawaran saat perusahaan IPO sebanyak 6.037. Wildan menyebut angka itu sebagai jumlah pemegang saham terbanyak yang masuk melalui IPO.

"Jadi sekarang BRI Syariah mencatatkan sebagai pemegang saham terbanyak selama IPO," pungkas Wildan.

Seperti diberitakan sebelumnya, BRISyariah resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Dalam perdagangan perdananya, harga saham perusahaan naik 19,61 persen ke level 610 per saham.  (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages