Museum Batak Balige Suguhkan Konsep Modern - Balige Keren
Museum Batak Balige Suguhkan Konsep Modern

Museum Batak Balige Suguhkan Konsep Modern

Share This
BALIGE KEREN -- Museum Batak Balige menjadi inspirasi bagi beberapa lembaga dan museum yang dibangun beberapa marga dan kekeluargaan di Bonapasogit. Gedung Serba Guna 'Bagas Parsadaan Toga Marbun' di Bakkara (baca) dapat dilengkapi dengan perpustakaan, museum mini selain ruang pertemuan. Begitu juga bagas, sopo lain yang dibuat punguan marga.


Akhir pekan ini, sempatkan untuk wisata sejarah di Museum Batak, Kompleks TB Silalahi Center, Balige, Sumatera Utara. Traveler bisa melihat koleksi benda bersejarah khas Batak, sambil menikmati megahnya bangunan museum modern ini.

Museum Batak adalah sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah dan kearifan budaya masyarakat Batak. Museum ini beralamat di Jl Pagar Batu No 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.



Bangunan Museum Batak tidak seperti museum-museum lain yang identik gelap dan tradisional. Bangunan Museum Batak yang ada di Balige ini berkonsep modern, sehingga terlihat begitu hidup.

Pencahayaan di dalam museum juga cukup terang karena jendela-jendela kacanya lebar. Bahkan di salah satu bagian museum, ada yang atapnya terbuat dari kaca. Sehingga cahaya bebas masuk ke dalam museum.

Kulit bangunan dibuat dengan aluminium komposit, tetapi diolah dengan nilai-nilai lokal dan tradisional. Ada motif gorga yang merupakan seni khas Batak. Bangunan ini juga memenuhi standar tahan gempa.

Selain itu, museum dilengkapi dengan kamera CCTV yang disebar di setiap sudut bangunan. Ada pula tangga darurat untuk evakuasi kebakaran. Sungguh museum modern yang keren. (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages