Kisah Lobe Tinggi Pardede dan Pembangunan Masjid di Balige tahun 1916 - Balige Keren
Kisah Lobe Tinggi Pardede dan Pembangunan Masjid di Balige tahun 1916

Kisah Lobe Tinggi Pardede dan Pembangunan Masjid di Balige tahun 1916

Share This
BALIGE KEREN -- Sekitar tahun 1916 Penganut agama Islam sudah mencapai 150 rumah tangga di balige dan sekitarnya (Mejan, SiMarmar, Parsuratan, Hinalang, Tambunan), maka umat Muslim Balige dan sekitarnya merencanakan membangun satu Mesjid untuk tempat mereka beribadah yang kemudian Lobe Leman Tampubolon mengurus izinnya, Alhamdulillah setelah berjuang dengan gigihnya beliau mendapatkan izin mendirikan mesjid tersebut pada tanggal 2 Januari 1918.

Baca: Remaja Masjid Al Hadhonah Balige

Sayang beliau tidak sempat terlibat dalam pembangunan pisik, karena pada tanggal 22 maret 1922 beliau meninggal, semoga Allah SWT menerima amal beliau.

Baca: Blog Lobe Tinggi Pardede

Perjuangan beliau dilanjutkan sahabat-sahabatnya dengan membentuk kepanitiaan pembangunan Mesjid yang dinamakan Komite Mesjid Balige pada tahun 1923, dengan susunan kepengurusan sebagai berikut: Haji A. Manap sebagai Presiden, Lobe Tinggi Pardede (Haji Abdul Halim Pardede) sebagai vice Presiden, Haji M.Nawawi Nainggolan sebagai seketaris dan Haji Selamat, Haji Umar sebagai anggota. (baca selanjutnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages